Gondoharum - Sosialisasi Desa Cerdas Membangkitkan Semangat Pemuda Desa Gondoharum

Sosialisasi Desa Cerdas Membangkitkan Semangat Pemuda Desa Gondoharum

 

Gondoharum, 9 Juni 2024 - Semangat para pemuda Desa Gondoharum, Pageruyung, Kendal, bergelora dalam mengikuti sosialisasi Desa Cerdas yang diadakan di Balai Desa Gondoharum pada hari ini, 9 Juni 2024. Acara ini diprakarsai dan dinarasumberi oleh Sdr. Afifudin Khanif, selaku Agen Desa Cerdas Desa Gondoharum. Sekitar 20 pemuda desa antusias mengikuti sosialisasi ini, siap untuk berkontribusi dalam membangun desanya menjadi lebih cerdas dan maju.

Sdr. Afifudin Khanif dalam materinya menjelaskan tentang konsep Desa Cerdas dan pentingnya peran pemuda dalam mewujudkan desa yang cerdas. Desa Cerdas adalah desa yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di berbagai aspek, seperti pemerintahan, ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan sosial budaya.

Pemuda adalah agen penting dalam pembangunan desa. Mereka memiliki potensi dan energi yang besar untuk membawa perubahan positif di desa mereka. Melalui Desa Cerdas, pemuda dapat memanfaatkan kreativitas dan inovasinya untuk mengembangkan berbagai solusi digital yang dapat membantu menyelesaikan masalah-masalah di desa.

Dalam sosialisasi ini, Sdr. Afifudin Khanif juga memberikan contoh-contoh penerapan Desa Cerdas di berbagai desa di Indonesia. Para pemuda Desa Gondoharum sangat terinspirasi dengan contoh-contoh tersebut dan mereka ingin menerapkannya di desa mereka sendiri.

Beberapa hal yang ingin diwujudkan oleh para pemuda Desa Gondoharum melalui Desa Cerdas:

  • Membangun sistem informasi desa yang terintegrasi. Sistem ini akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang berbagai layanan desa, seperti pengurusan surat-surat, pembayaran pajak, dan pendaftaran program bantuan sosial.
  • Mengembangkan e-commerce desa. E-commerce desa akan membantu para pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) di desa untuk memasarkan produk mereka secara online.
  • Membangun platform edukasi online. Platform edukasi online akan membantu para pelajar di desa untuk mendapatkan akses pendidikan yang lebih berkualitas.
  • Meningkatkan pelayanan kesehatan melalui telemedicine. Telemedicine akan memungkinkan masyarakat desa untuk mendapatkan layanan kesehatan dari dokter tanpa harus pergi ke puskesmas atau rumah sakit.

Sosialisasi Desa Cerdas ini merupakan langkah awal yang penting dalam mewujudkan Desa Gondoharum yang cerdas dan maju. Dengan semangat dan tekad para pemudanya, Desa Gondoharum diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain di Indonesia.


Dipost : 09 Juni 2024 | Dilihat : 26

Share :