GEOGRAFIS KEAADAN ALAM

Desa Gondoharum merupakan desa yang mempunyai posisi sangat menguntungkan, karena berbatasan di antara desa sekitarnya antara laian :

di sebelah utara                : Desa Getas Blawong

di sebelah selatan             : Desa Ngadiwarno

di sebelah timur                : Desa Parakan Sebaran

di sebelah Barat                : Desa Jurangaung

Dari letak wilayah desa yang di tengah-tengah diantara desa yang lain merupakan keuntungan yang baik, sebab akan menjadikan tolak ukur bagi keberhasilan desa/ dukuh tetangga, dan sebaliknya Desa Gondoharum sendiri dapat memetik hikmah dari posisi tersebut yaitu mengadakan study banding sebagi koreksi keberhasilan maupun kekurangan yang telah dicapai dalam jurun waktu tahun anggaran desa.

Sedang wilayah Pageruyung terletak 6⁰ 56’ sampai lintang selatan 7⁰ 1’ Lintang selatan dan 110⁰ 1’ Bujur Timur sampai 110⁰ 10’ Bujur Timur. Wilayah Pageruyung dengan luas ± 51.42719 Km atau ± 140,612 Ha yang terbagi 14 Desa dan 69 Rw 222 Rt dan 70 Dusun, dari 14 desa ini struktur tanahnya terdari dari tanah perbukitan dalam prosentase 99% dengan ketinggian 250 s/d 600 meter dari permukaan laut.

Ketinggian dan kemiringan wilayah desa

Pengaruh yang sangat besar dan tidak boleh diabaikan diantaranya ketinggian dan kemiringan wilayah desa itu sendri. Ketinggian wilayah dari laut mencapai 250 – 600 M dengan kemiringan tanah dari laut : 40⁰. Sehingga pola penggunaan tanahnya di dalam cara pengolahannya, cara bertanam atau jenis tanaman yang cocok adalah tanaman keras khususnya daerah pegunungan yang membutuhkan kadar air tinggi.

Untuk tanah yang berposisi rata digunakan tempat persawahan dangan pola cocok tanam menurut musim, apabila musim peghujan tiba dipakai lahan penanaman padi.

Jarak dari kator desa ke Kantor Kecamatan, ke kantor kabupaten Kendal, dan ke kantor Provinsi Jawa Tengah

Suatu kelancaran arus informasi khususnya pemerintahan desa sangat dipengaruhi oleh jarak tempuh antara sumber informasi menusju sasarannya.

Di dalam struktur organisasi dapat dinyatakan semakin banyak bagian berari semakin panjang dan semakin lama perintah diterima, di Kecamatan Pageruyung dapatlah menjadi pedoman :

  • Kantor Desa Gondoharum ke Kantor Kecamatan Pageruyung ± 6,3      Km
  • Kantor Desa Gondoharum ke Ibukota Kabupaten Kendal        ± 37        Km
  • Kantor Desa Gondoharum Ke Ibukota Provinsi Jawa Tengah   ± 70        Km
Facebook Comments